PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN UNJUK KERJA MAHASISWA DALAM MEMBUAT PRODUK DI PRODI TEKNIK PRODUKSI DAN PROSES MANUFAKTUR - POLITEKNIK ASTRA

Rohmat Setiawan

Abstract


Salah satu keterampilan khusus dari capaian pembelajaran lulusan yang dimiliki oleh program studi Teknik Produksi dan Proses Manufaktur sesuai KKNI level 5 diantaranya mampu merancang dan memproduksi komponen, alat bantu produksi (jig and fixture), dan peralatan mekanik sederhana, yang sudah terdefinisi dengan jelas, yang memenuhi kebutuhan spesifik dengan pertimbangan yang tepat terhadap masalah keamanan, kesehatan kerja, dan lingkungan. Makalah ini bertujuan untuk memperkenalkan metode project based learning (PBL) yang diterapkan di program studi Teknik Produksi dan Proses Manufaktur. Metode pembelajaran yang dijalankan yaitu integrasi antara beberapa mata kuliah praktikum untuk membuat produk yang dapat dikomersialkan. Salah satu produk yang sedang dikembangkan adalah kotak perkakas bertingkat, dimana proses pembuatannya melibatkan beberapa praktikum, antara lain: proses fabrikasi pelat logam, pengelasan, pengecatan dan perakitan mekanik. Tujuan dari proses pembelajaran ini adalah agar setiap siswa dapat membuat produk secara terintegrasi dengan waktu yang ditentukan dan produk yang memenuhi kualitas dapat dikomersialkan, sehingga unjuk kerja dan kesadaran kualitas setiap mahasiswa dalam membuat produk dapat meningkat.
Kata Kunci : KKNI, Project Based Learning, Kotak Perkakas Bertingkat

Full Text:

PDF

References


Dokumen 001. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. 2015.

Dokumen Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 03 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi. Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. 2020.

Dokumen Kurikulum Program Studi D3 Teknik Produksi dan Proses Manufaktur. Politeknik Astra. 2017.

Ilyas, I.P. and T. Semiawan, Production-based Education (PBE): The Future Perspective of Education on Manufacturing Excellent. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2012. 52: p. 5-14.

Ananto, G., A.B. Setiawan, and M.Z. Darman, MSWT-01, an alternative in combining Production Based Education (PBE) and student CSR program in Polman. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 2014. 58.

Y. Wang, Y. Yu, H. Wiedmann, N. Xie, C. Xie, W. Jiang and Xiao Feng, “Project based learning in mechatronics education in close collaboration with industrial: methodologies, examples and experiences,” Mechatronics, 2012, 22, pp. 862–869.

Lehmann M, Christensen P, Du X, Thrane M. Problem-oriented and project based learning (POPBL) as an innovative learning strategy for sustainable development in engineering education. Eur J Eng Educ June, 2008;33(3):283–95.

Hamid A. Hadim, Sven K. Esche, Enhancing the engineering curriculum through project-based learning. In: 32nd ASEE/IEEE frontiers in education conference, November 6–9, 2002, Boston, MA, USA.

Kolmos, A. and de Graaff, E. Management of change: implementation of problem-based and project-based learning in engineering. 2007. Rotterdam: SENSE Publisher, pp. 31–44.

Domin D.S., (1999), A review of laboratory instruction styles, Journal of Chemical Education, 76, 543-547.




DOI: http://dx.doi.org/10.52453/t.v13i1.400

Copyright (c) 2022 Technologic