Implementasi Metode Single Minute Exchange Of Dies (SMED) pada Mesin FSF Honing Channel 8 di PT SKFI

Heri Sudarmaji

Abstract


Changeover atau biasa dikenal dengan dandori adalah suatu kegiatan yang tidak diharapkan namun sangat diperlukan dalam suatu operasi manufaktur. Karena keberadaannya yang tidak bisa dihilangkan dalam suatu proses manufaktur, maka setiap perusahaan selalu berusaha untuk menekan waktu dandori seminimal mungkin, salah satunya dengan menerapkan metode Single Minute Exchange of Dies (SMED). Sebagai perusahaan yang memproduksi berbagai jenis bearing, hampir setiap hari PT SKFI melakukan aktivitas changeover untuk memenuhi permintaan customer. Pada department engineering, khususnya resetting engineering, selalu memberikan hasil terbaik dalam setiap pekerjaan changeover baik changeover internal maupun eksternal. Pada changeover internal terdapat improvement plan engineering 2021, khususnya pada changeover di channel 8, ditemukan waktu changeover internal yang masih cukup lama pada mesin FSF Honing. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat mereduksi waktu changeover internal sebesar 42%.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode SMED, dimulai dari tahap observasi secara langsung untuk mendapatkan data changeover di mesin FSF Honing. Data yang diperoleh dianalisa untuk memisahkan setup internal dan eksternal. Selanjutnya mengubah setup internal menjadi eksternal untuk mereduksi waktu changeover di mesin FSF Honing. Setelah mendapatkan waktu yang telah direduksi. Proses selanjutnya yaitu merampingkan kembali aktivitas internal yang dapat membantu mengurangi waktu changeover internal di mesin FSF Honing. Berikutnya yaitu membuat standarisasi baru untuk proses changeover internal di mesin FSF Honing channel 8.
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu waktu changeover internal berkurang dari 120 menit menjadi 69 menit atau turun sebanyak 43,6 % atau melampaui target yang telah ditentukan. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat menurunkan waktu changeover internal menjadi lebih efisien di mesin FSF Honing channel 8.
Kata kunci: SMED, changeover, dandori, waktu setup

Full Text:

PDF

References


Heri Sudarmaji, Rahmad Sidiq. “Menurunkan Waktu Proses Dandori dengan Metode Single Minute Exchange of Die di Area Produksi PT ASKI”, Technologic Volume 10 Nomor 1, Politeknik Astra (2019)

Burhan, Yusuf. “Mengurangi Waktu Pergantian Cutting Tools Line Axle Shaft Pada Mesin 12-2 dan 12-15 Dengan Metode SMED di PT Inti Ganda Perdana”, Polteknik Astra (2018).

Dillon, Andrew P, and Shigeo Shingo. A Revolution in Manufacturing: The SMED System. CRC Press, 1985.

Narusawa, Toshiko, and John Shook. Kaizen Express: Fundamentals for Your Lean Journey. Lean Enterprise Institute, 2009.

Syamsul Hadi, M T. Teknologi Bahan. Penerbit Andi, 2016.

Wahjudi, Didik, Edo Andreas. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, and Siwalankerto. “Kajian Implementasi Quick Changeover Di P . T . X,” no. February 2007 (2014).




DOI: http://dx.doi.org/10.52453/t.v13i1.388

Copyright (c) 2022 Technologic