PEMBUATAN ALAT TPS (THROTTLE POSITION SENSOR) CHECKER PADA SEPEDA MOTOR HONDA REVO PGM-FI BERBASIS IOT MENGGUNAKAN MODUL ESP32

Gigih Pramudito, Lea Nika Fibriani, Syahroni Syahroni

Abstract


Berkembangnya teknologi membuat mesin kendaraan sekarang menggunakan sistem injeksi yang dilengkapi dengan berbagai komponen dan sensor untuk mendukung proses pembakaran di ruang mesin. Salah satunya yaitu TPS (Throttle Position Sensor). Sensor TP berfungsi untuk mendeteksi adanya perubahan posisi pada throttle gas. Adanya kerusakan pada sensor TP dapat mempengaruhi performa dari kendaraan. Umumnya pengecekan sensor TP dilakukan menggunakan multimeter yang tentunya sulit untuk dilakukan, karena posisi dari sensor TP yang sulit dijangkau. Maka dari itu dibutuhkan alat yang mampu digunakan untuk mengecek kondisi sensor TP secara efisien. TPS Checker merupakan alat yang digunakan untuk mengecek kondisi sensor TP melalui pengukuran tegangan pada input dan output sensor TP serta hambatannya sesuai dengan kondisi bukaan throttle gas. Hasil pengukuran didapat dari rumus pembagi tegangan (voltage divider). Alat TPS checker dibuat dengan menggunakan microcontroller ESP32 yang dapat dihubungkan dengan smartphone untuk menampilkan hasil pengukuran secara real-time melalui aplikasi Blynk serta dilengkapi fitur reset untuk menghapus data kerusakan yang sudah terdeteksi dan tersimpan di Engine Control Unit (ECU). TPS Checker dapat digunakan untuk mengukur sensor TP pada seluruh kendaraan injeksi, namun penulis melakukan pengujian TPS Checker menggunakan sepeda motor Honda Revo PGM-FI. Setiap tipe kendaraan memiliki standar pengukuran yang berbeda-beda. Standar pengukuran pada motor Honda Revo PGM-FI yaitu tegangan sensor TP sebesar 4,75V – 5,25V dan hambatan berada pada rentang 0 – 5K Ohm. Dari hasil pengujian TPS Checker dapat disimpulkan bahwa alat ini mampu digunakan untuk melakukan pengukuran pada sensor TP serta menghapus kode kerusakan pada sepeda motor Honda Revo PGM-FI.

Full Text:

PDF

References


R. Gscheidle, Studiendiretor, dan Winnenden. 2006. Modern Automotive Technology. Germany: Editorial Office.

Honda Motor Co. Ltd. 2013. Buku Pedoman Reparasi Honda Revo PGM-FI. Jakarta: Service Publication Office.

Technical Training Dept.-Technical Service Division. 2012. Programmed Fuel Injection. Jakarta: Astra Honda Training Centre.

Pambudi, Giri Wahyu. 2020. “Cara Mengakses Sensor Tegangan DC Menggunakan Arduino”, https://www.cronyos.com/cara-mengaksessensor-tegangan-dc-menggunakan -arduino/, diakses pada 6 Juni 2021.

Lamers, Uphik 20218. “Membuat Ohm Meter Menggunakan Arduino dan LCD 16 x 2”, https//:catatanlamers.blogspot.com/2018/01/membuat-ohmmeter-menggunakan-arduino.html?m=1, diakses pada 8 Juni 2021.

Saputra, Tedy Tri. 2019. “Menggunakan Pin GPIO Pada ESP32”, http://embeddednesia.com/v1/menggunakanpin-gpio-pada-esp32/, diakses pada 26 Juni 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.52453/t.v12i2.381

Copyright (c) 2021 Technologic