MENURUNKAN FREKUENSI KERUSAKAN SISTEM MESIN DENGAN MEMODIFIKASI JADWAL MAINTENANCE PADA BUS MRT SCANIA TIPE K310 DAN PENANGANAN LIMBAH YANG DITIMBULKANNYA

Vuko A T Manurung, Yohanes Tri Joko Wibowo, Thoriq Daffa Nurdin

Abstract


UT cabang On Road merupakan salah satu perusahaan yang dipilih oleh operator bus Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta untuk melakukan kontrak perawatan pada unit Scania K310 IB Maxi Bus miliknya, sehingga unit bus siap beroperasi melayani transportasi publik. Pada 2021 unit bus tipe K310 mengalami persoalan berupa mesin yang mati mendadak. Pengecekan di lapangan menunjukkan bahwa aliran bahan bakar dari filter bahan bakar ke mesin mengalami sumbatan sehingga alirannya tidak lancar. Dari persoalan yang timbul ini maka dilakukan penyelidikan dan ditemukan aliran bahan bakar yang tidak lancer ke mesin. Dari buku referensi yang ada, penggunaan solar B30 yang ada di pasaran Indonesia akan menyebabkan usia saringan bahan bakar menjadi lebih pendek. Oleh karena itu dilakukan perbaikan pada sistem penyaringan (filter) bahan bakar dengan mempercepat penggantian pre fuel filter dari per 20.000 km pemakaian, menjadi setiap 10.000 km pemakaian. Proses ini dilakukan guna menghindari denda dari operator bus akibat tidak beroperasi dan terjadinya di jalur khusus bus yang mengakibatkan kemacetan. Metodologi penelitian yang dilakukan adalah mengecek peyebab mogoknya unit, mengambil sampel bahan bakar yang ada di filter dan mengirimkan ke lab utuk di analisis kandungannya sehingga dapat diambil tindakan. Proses perbaikan ini dapat menurunkan kerusakan mesin sampai dengan 0% sehingga target Physical Availability (PA) unit tercapai. Percepatan penggantian saringan bahan bakar ini mengakibatkan jumlah limbah yang dihasilkan dari saringan tersebut juga makin banyak sehingga perlu dibuat juga sistem pengolahan limbah bahan bakar agar dapat dipakai dan tidak dibuang secara percuma.

Full Text:

PDF

References


. V A T Manurung, Y T Joko W1 and R I Poetra. (2018). Auto Drain Valve Water Separator Inside the Unit of Komatsu HD 465-7R, Published under licence by IOP Publishing Ltd, IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, Volume 306, Manado, Indonesia.

. V Manurung, YT Wibowo, RP, Afani (2019), Menurunkan kerusakan yang tidak terjadwal (unschedule breakdown) sistem bahan bakar pada unit komatsu hd 1500-7 dipt ut site kalimantan timur, journal of mechanical engineering and mechatronics 4 (1).

. VAT Manurung, FRSR Tambunan, YC Sutama (2013), Mengurangi Resiko Kerusakan Auto Priming Pump pada Dump Truck Tipe HD785- 7 di PT UT site Batu Kajang Kalimantan Timur. Authors.

. Alciatore, D. G. dan Histand, M. B. (2003). Introduction to Mechatronics and Measurement System (Edisi 2). McGraw-Hill, Inc.

. https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/14/ 180607015/tersedia-hampir-di-seluruh-spbuini-plus-minus-biodiesel-b30.

. https://litbang.esdm.go.id/news-center/arsipberita/tips-mengelola-bahan-bakar-b30-agartidak-menyumbat-filter-bahan-bakar, Badan Penelitian Pengembangan Energi & Sumber Daya Mineral.

. Solikhah, Maharani Dewi (2020). Pedoman Penanganan dan Penyimpanan Biodiesel dan Campuran Biodiesel (B30). Direktorat Bioenergi Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konversi Energi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral. Jakarta.

. https://www.radarbangsa.com/news/32463/tra nsjakarta-masih-layani-400-450-ribu-orangtiap-hari-selama-pandemi, Rahmad Novandri. “TransJakarta Masih Layani 400-500 Ribu Orang Tiap Hari Selama Pandemi”.

. https://www.lksotomotif.com/2018/09/fungsiinjection-nozle-injektor-dan.html, diakses 28 Mei 2021, Juliandi. “Pengertian dan Fungsi Injektor”.

. Scania CV AB. (1994 - 2020). Scania Multi

. T Gilles (2012), Automotive Service Inspection, Meintenance, Repair, 4th Edition, Delmar.




DOI: http://dx.doi.org/10.52453/t.v12i2.363

Copyright (c) 2021 Technologic