MENURUNKAN LEAD TIME SERVICE BERKALA EKSTERNAL FORTUNER DENGAN MEMPERCEPAT PROSES PENGGANTIAN OLI MESIN DI PT XYZ

Setia Abikusna Abikusna

Abstract


PT. XYZ menyediakan layanan perbaikan kategori general repair bagi pelanggannya. Pada layanan ini, terdapat kendala yaitu lead time proses servis berkala eksternal (SBE) tidak mencapai target, khususnya pada proses penggantian oli mesin Fortuner. Proses ini dirasa masih kurang efektif karena teknisi kerap harus membersihkan cross member dan lower cover, serta lantai stall karena ada tetesan oli ketika proses penggantian oli dilakukan, hal ini yang menyebabkan waktu servis menjadi lebih lama. Dalam mencari solusi atas permasalahan yang terjadi, penulis menggunakan tools fishbone diagram untuk membuat improvement mempercepat penggantian oli mesin Fortuner dengan membuat service special tools (SST) berupa penampang oli mesin sehingga memudahkan teknisi melakukan penggantian oli mesin. Hasil dari improvement tersebut mempercepat lead time proses SBE dari 1 jam 2 menit 59 detik menjadi 54 menit 39 detik.

Full Text:

PDF

References


Imai, Masaaki. 1970. The Kaizen Power Safety. Yogyakarta: Think Jogjakarta.

Kato, Isao. 2011. Toyota Kaizen Methods. Yogyakarta: Gradien Mediatama.

Maran, Zevy D. 2007. Peralatan Bengkel Otomotif. Yogyakarta: Andi Offset.

Tambunan, Rudi M. 2008. Pedoman Penyususnan Standard Operating Procedures.Jakarta: Maiestas Publising

Team Pustaka Phoenix. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional

Soemohadiwidjojo, Arini T. 2015. Panduan Praktis Menyusun KPI. Jakarta: Penebar Swadaya Grup.

Setia Abikusna, Rafli Ramdhani. (2020). Mempercepat Lead Time Proses Penggantian V-Belt Mesin NR Toyota dengan SST di Bengkel Auto 2000 XXX. Jurnal Technologic Polman Astra. Volume 11 No. 1.

Setia Abikusna, R. Achmad Haryadi. (2020). Mempercepat Proses dan Menigkatkan Safety Pemasangan Roda dengan SST Little Helper di Bengkel Auto 2000 XXX. Jurnal Technologic Polman Astra. Volume 11 No. 2.

Technical Service Division. (2012). Buku Warranty dan Service Berkala. Jakarta: PT. Toyota Astra Motor.

Technical Service Division. (1995). New Step 1. Jakarta: PT. Toyota Astra Motor.




DOI: http://dx.doi.org/10.52453/t.v12i2.333

Copyright (c) 2021 Technologic