PERANCANGAN SISTEM INFORMASI TOKO BAJU SHIENA WEAR

Riesta Pinky Nurul Arifah, Rifqih Syahrial Anwar, Arie Kusumawati, Indah Cyithia Devi

Abstract


Toko baju Shiena Wear merupakan usaha komersial yang telah memanfaatkan teknologi khususnya media sosial dalam proses jual belinya. Namun, hal tersebut tidak diimbangi dengan komputerisasi pada penyimpanan data-data penjualannya. Data-data penjualan toko baju Shiena Wear saat ini masih dikelola dengan manual. Hal ini tentunya mengakibatkan beberapa masalah, salah satunya yaitu rentannya terjadi kesalahan pada pencatatan data penjualan, pemborosan kertas, serta waktu pencatatan data yang tergolong lama. Oleh karena itu, diperlukan sebuah perancangan sistem informasi berbasis komputerisasi sebagai solusi dari permasalahan yang dihadapi saat ini. Perancangan Sistem informasi toko baju Shiena Wear memanfaatkan beberapa teknik analisis untuk dapat memberikan gambaran rancangan sistem yang akan dibangun yang diantaranya adalah Flowchart, DFD (Data Flow Diagram), ERD (Entity Relationship Diagram) serta rancangan mockup sistem. Dengan dibangunnya sistem ini, seluruh data-data penjualan took akan dapat disimpan dan diolah dengan mudah sehingga dapat mengatasi masalah yang dihadapi oleh toko baju Shiena Wear.

Full Text:

PDF

References


Edhy Sutanta, S.T. (2003). Sistem Informasi Manajemen. Graha Ilmu, Yogyakarta

Hanif Al Fatta. (2007). Analisis & Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern. ANDI,

Yogyakarta.

Prof.Dr. Sri Mulyani, Ak., CA.(2016). Metode Analisis dan Peran

M. Kirchmer. (2017). High Performance Through Business Process Management Strategy Execution in a Digital World. Springer, USA.

R. S. Pressman. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi. Andi, Yogyakarta.

A. Nugroho. (2011). Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data. ANDI, Yogyakarta.

T. Connolly and C. Begg. (2005). Database System: A Practicial Approach to Design, Implementation, and Management, Fourth Edition. Person Education Limited, Essex.

A. Dennis, B. H. Wixom and R. M. Roth. (2012). System Analysis & Design Fifth Edition. Jhon Wiley & Sons, United States of America




DOI: http://dx.doi.org/10.52453/t.v12i1.318

Copyright (c) 2021 Technologic