PENGEMBANGAN DESAIN KONSTRUKSI MOLD MODULE BOX COVER DI POLITEKNIK MANUFAKTUR ASTRA

Fitri Yuni Astuti, Eko Ari Wibowo

Abstract


Mold atau cetakan adalah perkakas yang digunakan untuk mencetak produk plastik. Cara kerjanya yaitu dengan memasang mold pada mesin plastic injection lalu mesin melakukan proses injeksi untuk
memasukkan material plastik cair ke dalam mold. Dalam mold tersebut terdapat bentuk yang sesuai dengan bentuk produk yang akan dibuat. Sebelum menjadi mold yang dapat digunakan, tentunya ada proses perancangan dan pembuatan mold itu sendiri. Mold yang akan diproduksi di Politeknik Manufaktur Astra ini merupakan mold produk module box cover yang memanfaatkan konstruksi mold yang sudah ada. Pada saat memasuki tahap pembuatan mold ditemukan ketidaksesuaian antara desain konstruksi cetakan dengan standard mold base. Setalah dilakukan pengamatan, hal yang dapat terjadi karena ketidaksesuaian pemilihan layout produk, sehingga perlu adanya perbaikan. Oleh karena itu, dilakukan perancangan konstuksi mold Module Box Cover dengan memodifikasi desain konstruksi cetakan yang sudah ada. Modifikasi ini dilakukan dengan me-review dan memperbaiki beberapa rancangan/desain pada mold module box cover, seperti layout produk, shrinkage, parting line, kontur core dan cavity, ejector hole, cooling system, dan feed system. Setelah desain konstruksi mold module box cover dibuat, desain tersebut dapat diterapkan pada standard mold base yang ada dan dilanjutkan ke tahap machining.

Full Text:

PDF

References


Bryce D. M., 1998, Plastic Injection Molding Mold Design and Construction Fundamentals. Michigan: Society of Manufacturing Engineers.

Menges, George, Walter Michaeli, Paul Mohren. 1999. How to Make Injection Mold. Munich. Hansher Publishers.

Dubois, J. Harry. 1978. Plastics Mold Engineering Book. New York. Van Nostrand Reinhold.

Misumi. 2012. Standard Component for Plastic Mold. Tokyo: Misumi Corporation.

Futaba. 2014. Futaba Standard Plastic Mold Components.

Saputro Andre, Suef Mokh, Mokh Sukmono Rita. 2018. Development of QCDSM Best Product for Increasing Competitive Advantage Case Study of Tenun Ikat SME of Kota Kediri. International Journal of Bussiness and Economic Affairs (IJBEA).




DOI: http://dx.doi.org/10.52453/t.v12i1.311

Copyright (c) 2021 Technologic