PERANCANGAN HUKUM KENDALI TERBANG LINEAR PESAWAT LSA PADA MATRA LONGITUDINAL

Prasetyo Ardi Probo Suseno, Ardian Rizaldi, Try Kusuma Wardana, Novita Atmasari, Yusuf Giri Wijaya, Fuad Surastyo Pranoto

Abstract


Abstrak—LAPAN Surveillance Aircraft adalah salah satu elemen dari Maritime Surveillance System yang merupakan salah satu dari Program Utama LAPAN sejak tahun 2012 hingga sekarang. Pesawat ini memiliki konfigurasi high wing dengan dua tempat duduk, serta berstruktur komposit dan bermesin tunggal yang dipasang di tengah badan pesawat. Awalnya, program ini merupakan program Pustekbang dengan misi untuk menguasai teknologi pesawat terbang bertipe pesawat terbang ringan. Seiring dengan pengembangan program dan kebutuhan nasional akan sistem pemantauan yang efektif dan efisien, maka pengembangannya diarahkan pada perluasan jangkauan operasi. Makalah ini memberikan desain konfigurasi dan arsitektur sistem kendali terbang untuk LSA. Sistem kendali dirancang pada 3 kondisi trim point dengan memvariasikan kecepatan pesawat. Frekuensi dan rasio redaman pada tiap trim point diset pada angka tertentu untuk menghasilkan gain kendali dengan teknik pole placement. Hasil simulasi menunjukkan bahwa sistem kendali yang dirancang memenuhi tujuan dan persyaratan desain serta memiliki kinerja yang cukup baik.

Kata Kunci : Kendali, Longitudinal, Linear, Pole Placement, Root Locus

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52453/t.v11i2.300

Copyright (c) 2020 Technologic